sehat 1

Kamis, 11 Februari 2016

ghibah itu dosa

Generasi terbaik terdahulu yaitu para Sahabat Nabi, Tabi'in serta Tabi'ut tabi'in mengetahui perkara ghibah merupakan sesuatu yang tabu dan dijauhi .Bahkan kalau ada diantara mereka yang berbuat ghibah , mereka akan saling menasehati untuk tidak melakukan perbuatan ghibah tersebut. Namun sekarang ghibah / menggunjing orang lain ,itu dijadikan tontonan dan menjadi konsumsi yang ditunggu-tunggu.
Orang sudah tidak berani lagi atau menghindar kalau ada saudaranya , tetangganya berbuat ghibah. Orang sudah tidak berani lagi mencegah kemungkaran,kemaksiatan yang dilakukan saudaranya atau tetangganya . Celakanya lagi malah ikut  bergabung.
Siapapun kalau mengajak kebaikan kepada orang lain pinginnya siih paling depan. Tapi kalau diajak untuk mencegah orang lain yang melakukan kemungkaran , pada ciuut nyalinya.
Marilah berbuat semampu kita untuk mencegah kemungkaran atau kemaksiatan yaitu dengan cara bijak dan dengan Ilmu.

Saudaraku-saudariku semoga dirahmati Allah
Sesungguhnya kehormatan kaum mukminin adalah haram untuk dilecehkan sebagaimana darah dan hartanya.  Maka kita tidak boleh memperlihatkan cacat,cela dan aib mereka. Namun sayang seribu sayang ,saat ini ghibah dijadikan santapan disetiap forum,obrolan dan kebiasaan yang berulang-ulang kebanyakan wanita. Sehingga tidak ada satu majlis pun yang terhindar dari dosa ghibah yang berbahaya ini. Allah ta'ala berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ
الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ

أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ

وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang. ( al Hujurat : 12 ).

Berapa banyak wanita yang lemah lembut berubah menjadi pemangsa daging manusia. Alangkah seramnya pemandangan ini ,dan betapa buruknya berita ini. Maka barangsiapa yang berbuat ghibah atau membuka aib saudaranya ,membuka kejelekan dan cela kaum muslimin dan muslimat , berarti dia telah menyiapkan dirinya untuk disiksa dengan siksaan yang pedih dan kembali dalam keadaan yang menyedihkan. Allahu 'alam...

Silahkan disebarkan sehingga bermanfaat bagi saudara kita yang lain

مَنْ دَلَّ علي خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِه

" Barangsiapa menunjukkan kepada kebaikan.  Maka baginya mendapatkan pahala sebagaimana orang yang melakukan "( Hr.Muslim : 3509 ).
----------------------------------------------------------
Silahkan buka halaman selanjutnya klik tanda  < <  -  > > atau klik Beranda

ingin tambah silaturahmi
klik dsini - ->> arilaswaja.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar