sehat 1

Selasa, 16 Februari 2016

mengingat mati

Banyak hikmah yang bisa kita ambil dari mengingat kematian. diantaranya adalah membersihkan hati yang keras , tumbuhnya kesadaran untuk kembali ke akhirat , menghidupkan kembali hati yang sudah berkarat , memotivasi ibadah yang sudah melemah dll. Dan kematian itulah yang kita selalu ingin lari darinya.Maka hanyalah orang-orang  beriman sajalah yang teringat kepadanya.

Sementara orang yang terlena dengan kenikmatan dunia , terlena gemerlapnya harta, dan menjadi budak syahwat ,maka hatinya lalai untuk mengingat kematian. Sementara banyak orang yang kita ingatkan, bahwa kematian itu pasti datang ,tetapi dia sangat membencinya dan ingin lari darinya.Dan mengharapkan kehidupan seribu tahun lagi. Allah ta'ala berfirman :

وَلَتَجِدَنَّهُمْ أَحْرَصَ النَّاسِ

عَلَىٰ حَيَاةٍ وَمِنَ الَّذِينَ

أَشْرَكُوا ۚ يَوَدُّ أَحَدُهُمْ لَوْ يُعَمَّرُ

أَلْفَ سَنَةٍ وَمَا هُوَ بِمُزَحْزِحِهِ

مِنَ الْعَذَابِ أَنْ يُعَمَّرَ ۗ وَاللَّهُ

بَصِيرٌ بِمَا يَعْمَلُونَ

Dan sungguh kamu akan mendapati mereka, manusia yang paling loba kepada kehidupan (di dunia), bahkan (lebih loba lagi) dari orang-orang musyrik. Masing-masing mereka ingin agar diberi umur seribu tahun, padahal umur panjang itu sekali-kali tidak akan menjauhkannya daripada siksa. Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan.( al Baqarah:96).

 Menuntut ilmu itu Wajib atas setiap Muslim(ibnu Majah.shohih oleh syaikh Albani) Banyak orang mengharapkan diberi hidup yang panjang. Kemudian pertanyaannya apakah diberi umur atau kehidupan yang panjang itu dapat menjamin diri terbebas dari dosa.Setelah diberi umur panjang hingga seribu tahun lagi apakah menjamin bahwa dirinya akan lebih baik dan terbebas dari perbuatan kemungkaran , kemaksiatan ..? tentu tidak ada jaminan dalam perkara ini.
Rasulullah sholallahu alayhi wasalam bersabda :

 أَكثِرُ مِنْ ذِكرِ هَذِمِ اللَّذَاتِ المَوتُ

 Dari sahabat abu Hurairah beliau berkata bahwa Rasulullah bersabda " Perbanyaklah kalian dari mengingat penghancur kelezatan,yaitu Kematian " ( shohih. imam Tirmidzi ,imam Nasaai ,imam ibnu Majjah, imam al Baghawi dan di shohihkan oleh al imam al Albani ).

Saudaraku-saudariku semoga dirahmati Allah
Semua jiwa itu pasti akan mati hanya menunggu giliran saja kapan waktunya,bisa cepat bisa diulur.Naah..bagi siapapun orang yang masih hidup,bisa jadi diulur waktunya oleh Allah ini agar lebih bisa berubah untuk lebih baik dalam beramal sholih dan bertaubat kepada Allah swt.
inilah kenapa kita harus selalu beramal sholih dalam kehidupan di dunia ini yaitu agar mendapatkan kemudahan kelak di Yaumil Akhir. Dan kematian itu pasti akan datang kepada kita juga tidak bisa kita lari dari datangnya kematian ,walaupun harus bersembunyi di dalam benteng yang kokoh sekalipun. Allah yang maha tinggi berfirman :

أَيْنَمَا تَكُونُوا يُدْرِكْكُمُ الْمَوْتُ

وَلَوْ كُنْتُمْ فِي بُرُوجٍ مُشَيَّدَة

Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh,..
( al Nisaa :78).

Demikian itu agar setiap hamba selalu siap menghadapi kematian. karena kematian itu adalag perkara yang dasyat,kematian adalah musibah paling besar bagi manusia untuk mempertanggungkan setiap perbuatan dihadapan Allah swt. Dan kematian itu datangnya kapan saja tanpa diduga dan tidak ada ada yang tahu baik dari golongan Jin atau manusia. Bisa jadi musibah itu datang saat kita berada di rumah atau ketika kita dalam perjalanan. sebagaimana Allah yang Maha Rahman bersabda :

 إِنْ أَنْتُمْ ضَرَبْتُمْ فِي الْأَرْضِ

فَأَصَابَتْكُمْ مُصِيبَةُ الْمَوْتِ


jika kamu dalam perjalanan dimuka bumi lalu kamu ditimpa bahaya kematian... ( al Maidah : 106).
Allahu 'alam...

Silahkan disebarkan sehingga bermanfaat bagi saudara kita yang lain

مَنْ دَلَّ علي خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِه

" Barangsiapa menunjukkan kepada kebaikan.  Maka baginya mendapatkan pahala sebagaimana orang yang melakukan " ( Hr.Muslim : 3509 ).
--------------------------------------------------------
buka halaman selanjutnya dengan klik tanda
 < < <  -  > > > atau klik Beranda

ingin tambah silaturahmi
klik disini - - ->> arilaswaja.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar