sehat 1

Kamis, 18 Februari 2016

stop bulyying

Bulyying adalah Bentuk perlakuan tidak terpuji  yang cenderung merendahkan orang lain kasar-kejam yang ditujukan pada seseorang atau kelompok tertentu secara berulang-ulang untuk menyakiti perasaan atau mencederai secara fisik.
 

STOOOOOP BULYYING
Bullying yang dilakukan oleh sebuah kelompok, biasa disebut mobbing. Bullying bisa terjadi dimana saja, di sekolah, di tempat kerja, di dunia maya (medsos), dalam pergaulan antar tetangga, bahkan dalam keluarga.

Bentuk-bentuk bullying itu macam-macam diantaranya adalah :

Bullying fisik dengan memukul, menjegal, mendorong, meninju, menghancurkan barang orang lain,  memelototi, dan mencuri barang. Bullying psikologis yaitu dengan cara menyebarkan gosip, mengancam, bercanda dengan cara mengolok-olok, secara sengaja mengasingkan seseorang secara sosial ( kamu kan pendatang,kamu ngontrak, sekolahmu apa siih..).dan bisa dengan cara menghina, menyindir, meneriaki dengan kasar, memanggil dengan julukan, keluarga, kecacatan, dan ketidakmampuan , dengan panggilan yang kurang menyenangkan " eeh.. si Gendut.. ", " ehh..si miskin.." , " rumah ngontrak aja .." dll.
Artinya mencari keburukan atau kekurangan orang lain itu lebih mudah untuk dicari-cari dari pada mencari kekurangan diri sendiri.
Ini merupakan perbuatan yang sangat kejam dan tidak terpuji terhadap saudaranya ,sehingga sampai berani menyakiti perasaannya, merendahkan martabatnya bahkan sampai berani melukainya. Rasulullah shollahu alayhi wasalam bersabda :
بِحَسْبٍ امْرِئٍ مِنَ الشَّرِّ أَنْ يَحْقِرَ أَخَاهُ

المُسْلِمَ . كُلُّ المُسْلِمِ على المُسْلِمِ حَرَامٌ

دَمُهُ وَمَالُهُ وَعِرْضُهُ .

Dari abu Hurairah diriwayatkan bahwa bahwa ia berkata, Rasulullah bersabda : " Cukuplah seseorang dikatakan telah berbuat jahat jika dia Menghina saudaranya sesama Muslim . Setiap Muslim terhadap Muslim lainnya itu haram baik darahnya, harta maupun kehormatannya ". ( shohih Muslim : 2564 ).

Diriwayat dari sahabat Jabir rodhiallahu anhu ,bahwa Rasulullah bersabda " Sesungguhnya orang yang paling aku cintai dan paling dekat tempat duduknya denganku pada hari kiamat nanti adalah Orang yang paling baik ahlaknya. Sedangkan orang yang paling aku benci dan paling jauh tempat duduknya denganku pada hari kiamat adalah ats tsartsarun ( orang yang banyak bicara ), al mutasyadiqun (;orang yang bicaranya di fasih-hasihkan ) dan al mutafaihaqun ", para sahabat bertanya " Wahai Rasulullah saya sudah tahu arti dari al ats tsartsarun dan al mutasyadiqun, lantas apa arti al Mutafaihaqun..? ,beliau menjawab " Yaitu orang-orang yang sombong " . ( shohih sunan Tirmidzi :1642).

Saudaraku - saudariku semoga dirahmati Allah
Seandainya Pahala Allah itu diberikan langsung saat manusia beramal sholih ,tentu saling manusia berlomba-lomba  melakukannya. Dan seandainya adzab atau hukuman Allah itu ditimpakan pada saat dia melakukan tentu manusia akan menghindari perbuatan buruknya.
Ketahuilah bahwa catatan amal perbuatan itu pasti akan disebar kan ( dibagikan lagi ) dan segala ucapannya pasti ditulis , niscaya Allah akan mengunci mati lisannya dengan gigi-giginya sendiri. Sebab , tidak ada sesuatu yang lebih membutuhkan untuk dipenjara dalam rentang waktu yang lama selain lisan. Allah yang Maha Rahman berfirman :

هَٰذَا كِتَابُنَا يَنْطِقُ عَلَيْكُمْ

بِالْحَقِّ ۚ إِنَّا كُنَّا نَسْتَنْسِخُ مَا

كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

(Allah berfirman): "Inilah kitab (catatan) Kami yang menuturkan terhadapmu dengan benar. Sesungguhnya Kami telah menyuruh mencatat apa yang telah kamu kerjakan". ( al jatsiyah [45]: 29 ). Allahu 'alam...

Silahkan disebarkan sehingga bermanfaat bagi saudara kita yang lain

مَنْ دَلَّ علي خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِه

" Barangsiapa menunjukkan kepada kebaikan.  Maka baginya mendapatkan pahala sebagaimana orang yang melakukan " ( Hr.Muslim : 3509 ).
-------------------------------------------------
buka halaman selanjutnya dengan klik tanda
 < < <  -  > > > atau klik Beranda

ingin tambah ilmu agamanya
klik disini - - ->>topariil.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar